Belajar menjahit dengan pola siap pakai

11:16 AM



Dari jamannya awal belajar jahit duluuuu, pola siap pakai adalah pilihan pertama yg dipakai untuk belajar jahit baju. Favoritku pola-pola jepang, satu buku isinya bisa beraneka ragam model modifikasi dari satu pola. Nahhhh masalahnya, pola jepang ini pake ukuran orang jepang dongggg, yg di saya jadinya kadang kekecilan, enggak semua sihhhh tapi kebanyakan apalagi untuk celana hahahaha (salahkan body yg menuju jumbo inih).


Nahhhh belakangan ini, lagi suka banget jahit pake pola bule, tinggal donlod, ada yg beli ada yg hratis, kalo rajin mantengin pinterest kadang suka banget tuh nemu link pola-pola gratisan, baik ya yg suka bagi2 pola gratisan gt, jempol deh ah. Enaknya pola donlod-an ini dibanding buku pola jepang, adalah tinggal print dirumah sesuai instruksi trus disatukan baru dipotong-potong deh, kalo gak mau repot sambung menyambung menjadi satu tinggal bawa file-nya ke printing service kayak snappy/jaya agung di benhil sono untuk di print ukuran A0 jadi kita tinggal potong ajah. Yaaa kadang ada beberapa adjustment yg musti dibikin, misalnya lengannya musti dipanjangin ato panjang pipa celananya musti dipendekin endesbre endesbre, tapi minorlahhh adjustment-nya.


Bedanya ama buku pola jepang apa sihhh??? Kalo di buku pola jepang satu lembar kertas A0 ituhhh isinya berbagai macam pola, jadi kita musti petani satu-satu dan ngegambar ulang (pke kertas roti - apa namanya yaaa kalo basa jawanya ngeblat) baru bisa dipotong dan selanjutnya. Sama-sama asik sihhhh tergantung selera ajah dan model tentunya. Dannnn semua instruksi gambar berikut step jahitnya pake hurup kanji ajah sodara hahahaha, jadi kalo pake pola jepang kita musti kreatif mengira-ngira tahapan2 jahitnya sesuai keterangan gambar (lha gak isok mocoe ya liat gambare ae hehehe)


Intinya, kalo untuk newbies seperti saya, yg lagi tergila-gila jahit baju sendiri, pola-pola donlod-an ini menolong banget. Tinggal pilih model yang dimau, donlod polanya potong trus jahit dehhh. Nahhh, kalo mo donlod pola siap pakai dimana dong dong?

Favoritku teteuppp simplicity, didalamnya ada pola newlook, simplicity dan burda, tinggal pilih model. Mau hard copy ya tinggal pilih cuma ya gituhhh kitanya jadi ketambahan ongkos kirim dan tentunya nyampe ke Jakarta bisa hampir 2 mgg-an sejak tanggal kita beli.

Selain simplicity, kaporit lainnya adalah polanya tessuti, modelnya simple-simple jahitnya enggak perlu teknik yg susah-susah dan yang penting hasilnya enak dipakai. Apalagi yaaa, banyak sihhh, ada wikstein dan beberapa sewist blogger lain.


Beli polanya piye? Siap-siap akun paypal, ato bisa juga langsung pake credit card (kalo yg sering transaksi online pasti mahfum ttg ini), tergantung kebijakan pembayaran masing-masing toko-lah kalo ini, begitu kita udah bayar, biasanya kita dikasih link untuk donlod polanya, beberapa toko punya batas waktu untuk donlod file-nya, kalo lewat batas waktu link-nya jadi expired tapi beberapa juga enggak, kayak burda kalo kita ada akun di burda, pola yg udah kita beli akan kesimpen di akun kitah.


Jadiiiii dengan adanya pola-pola siap pakai iniiii, udah beberapa bulan terakhir sejak belajar jahit baju udah gak pernah lagi tuhhhh beli-beli baju, budget-nya dialihkan ke belanja kain dan pola2 sahaja. Bukan mencoba untuk frugal, tapi make baju hasil jahitan sendiri itu rasanya gimanaaaa gituh hahaha. Awalnya emang diniatin jahit baju pas deket2 lebaran biar dapet banyak tapi makin kesini kok makin nagih ya jahit baju sendiri hehehe. Dari atasan sampe kaos, rok ato terusan ... celana, you name it dahhh, udah dicoba semua, belum rapih sihhhh but at least I give it a try, dan itu rasanyaaa seneng ajah make hasil karya sendiri. Are you with me on this?? :)

Anyway, happy sewing everyone :). Sekian dan terima kasih *kembali ke mesin jahit*



You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Self Reminder

Self Reminder

Instagram