Memilih mesin jahit

6:53 PM



Pengen nulis tentang milih mesin jahit ya, in my humble opinion of course, berdasarkan pengalaman pribadi saya tentyunyaaa :).

Jadi, beberapa tahun yang lalu, lupa tahun berapa pastinya, emak yg gak bisa diem ini ceritanya pengen nambah skill, yaaa sekedar kalo mau jahit kolor bedah gak perlu capek2 ke tukang jahitlah :). Setelah dengan pertimbangan ini itu akhirnya dipilihlah janome dc4030, semi computerized mesin jahit untuk jadi mesin jahit pertama. Pertimbangannya waktu itu buat saya yg bener-bener buta mesin jahit rumahan adalah karena modelnya cantik (yes i'm that shallow :D) dan ada tombol on/off jd bisa jahit sambil tetep bales sms hahaha ga deng, maksudnya jahit tanpa nginjek pedal, tp pgn pake pedal juga bs tinggal pasang ajah ... Pokoknya guaya deh, padahal keperluannya ya palingan cuma jahit kolor bedah hahaha.

Selain pengoperasiannya yg mudah, mesin ini juga dilengkapi dengan decorative stitches yg lumayan banyak dannnn jelasnya ada one step button hole - kayaknya ini fitur standar untuk mesin2 rumahan masa kini ya, yaitu bisa bikin lubang kancing as easy as 123 dan fungsi yg gak kalah penting, di type ini, kalo pedal enggak dipake speed jahit kita bisa diatur, ajib kannn menjahit menjadi less hassle kalo enggak pake pedal. Kenyataannya, ternyata mesin hanya dipakai untuk  jahit lurus doang hehehe, decorative stitches-nya banyakan enggak kepake.

Awal belajar jahit tentu saja ngerjain yg jahitnya lurus-lurus, terussss belajar bikin baju, sarung bantal dan pada akhirnya belajar bikin pouch dan tas. Kenalanlah akhirnya dengan bahan2 tebal macam kanvas dan kulit. Nahhh mulailah keliatan ngos2annya mesin pertama tercinta ini, udah diakalin ganti jarum sesuai media apa yg akan dijahit juga makin kesini makin keliatanlah kalo emang mesin ini emang enggak diperuntukkan untuk kerjaan heavy duty.



Kemudian, setelah beberapa kali ngerjain orderan, dari mulai bikin tas, passport cover, pouch, tas untuk souvenir akhirnya kepikirlah untuk nambah mesin, syaratnya masih rumahan tapi yang heavy duty, jadi bisa jahit kulit dan jahit yg tebel2. Akhirnya dipilihlah mesin singer heavy duty seri 4423. Wahhh dari penampakannya, si abu abu ini emang keliatan gagah dan kokoh, jahit tebel wus tapi buatku teteup kayaknya belum mengakomodir keperluanku dan kebetulan juga akhirnya musti break jahit dulu karena harus konsen ngurus anak mau un dan ujian masuk smp. Akhirnya banyak nganggurlah mesin singer ini. Sampai pada akhirnya diputuskan untuk di jual ke temen karena pengen ganti ke mesin high speed.



Kenapa jadi pengen punya high speed sewing machine? Karena cepet sodara, wusss sekali jahit dan tentu saja jahit kulit mah bablas kayak jahit kain hehehe.  Tapiii berhubung belinya high speed yg low end type, jd bisanya ya cuma jahit dengan satu jenis stitch yaaa yaitu lurus alias std hehehe. Selain cepet tentu saja karena body besi nempel di meja bikin hasil jahitannya perasaan jadi lebih lurus mungkin karena posisinya lebih steady ya kalo dibanding dengan mesin jahit rumahan yang kadang suka kegeser-geser kalo pas kita jahit. Kekurangannya apa dong?? Gedayyyy body-nya bokkk, enggak cantik dengan dinamo segede gajah dan pedal menyatu pada meja besi jadi ruang tengah berasa konveksi dehhh hahaha, serius physically not pretty kalo di taro diruang tengah like mine yg ruang jahitnya kebetulan nempel ama ruang lainnya dirumah burung nan seuprit inih, mungkin kalo diposisikan bener2 di ruang jahit lain kali ya ceritanya :). Nahhh pas beli mesin ketiga ini, akhirnya kebeli juga mesin obras juki mo50e, yang tentu saja bergunaaaaa buangettt kalo emang mulai hobby jahit baju. Biasanya kan abis potong, jahit trs di bawa ke mayestik/benhil (sebelum pasarnya dibongkar) untuk di obrasin pinggirnya.

Nahhh, jadi kesimpulan dari postingan ini apa dong?? Pilihlah mesin jahit sesuai kebutuhan, agar tidak menyesal dikemudian hari hehehe. Untuk pemula, mungkin bagusnya pilih mesin jahit yg enggak terlalu banyak decorative stitches-nya, kecuali emang perlu. Pake pedal atau yg ada tombol on/off-nya simply ur personal preferences. Kalo mau gampang dan gak terlalu capek injek pedal ya pilih yg ada tombol on/off. Tapi tetep somehow dengan pake pedal kita jadi bisa belajar mengatur speed jahit kita, yg nantinya akan berguna banget kalo jahit yg ada curve gitu-gitu jd enggak nyelunyur ajah hehehe. High speed berguna banget, kalo waktu menjahit jadi pertimbangan juga, karena jelas banget beda waktunya kalo nyelesaiin baju dengan mesin jahit rumahan itu pastiii lebih lambat daripada make mesin jahit high speed, tapi sayangnya karena high speed yang ku pilih adalah type heavy duty, ama penjualnya enggak disarankan untuk jahit bahan-bahan tipis macem chiffon begituh.

Kalo mesin obras gimana? Nahhh karena akhir-akhir ini lagi seneng jahit pake bahan kaos, kepikirnya kenapa dulu enggak pilih yg bisa sekaligus cover stitch ya hehehe. Cover stitch ini berguna banget kalo suka jahit pake  bahan kaos. Again kannn, balik lagi, pilihlah mesin sesuai kebutuhan  biar enggak kepikir untuk ganti-ganti lagi, kalo nambah mesin karena produksi makin banyak ya lain cerita dong ya :). Jadi, gak ada salahnya, sebelum memutuskan untuk membeli mesin jahit, bikin dulu list kebutuhan dan rencana kedepannya nanti mau jahit apa ajah.

Good luck on choosing your first sewing machine :) 


You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Self Reminder

Self Reminder

Instagram