KBB # 11 - Ontbijkoek

12:00 PM

Logo


Gak kerasa ajah tau2 udah tantang kbb#11 ... walopun aku juga banyak bolongnya ngerjain task kbb inih ... hehehe. Host kali ini ventin & lia (haloo buu ... *waving*). Maaph dakuh jarang2 nongol didiskusi milis karena satu dan lain hal ... kalo soal tugas, InsyaAllah sebisa mungkin di kerjain.


Bikinnya pas minggu ketiga ... pas bener2 dirumah lagi lowong gak ada kerjaan dann akunya lagih berdua nadine ajah ditinggal si ayah pergi kelaut ... huhuhuhu. Pertama baca resep, penasaran banget soalnya nie kue tanpa tambahan lemak. Dulu2 pernah nyoba, dengan resep berbeda. Ontbijkoek ini kue kenangan dimasa kecil ....hihihihi, makanya aku pasti sukaahh :). Gula merah aku ganti gula palem, lagih males nyisirin gula merah soale ... hehehehe. Untuk spices-nya aku pakek bubuk all spices ... biar praktis ajah daripada nyampur2 kayu manis, pala & cengkih (kebetulan jugah aku gak punya cengkih bubuk... hehehe). Manggang pakek loyang loaf yg 8" (punyanya cuma ituhh ... huhuhuhu) dengan api 170C selama kurang lebih 50 menitan. Ditaburi kecang kenari yg banyakkkk atasnya, hasilnya??? Hmmm, ku syukaa. Cucok untuk teman minum teh disore hari, oiya, biar gak seret, aku maem ama olesan salted butter ... nyam-nyam-nyam.


Eniwei ... sukses teruss untuk kbb. Moga2 ke depannya aku masih bisa terus berpartisipasi :). Duhh, maaph banget, step by step-nya gak ke foto ... baru inget motret setelah adonan masuk loyang ... huahhhhh.


Resepnya aku copy dari blog kbb sebage brikut yaa ...

Kbb3


ONBITJKOEK
Sumber: Kue-Kue Indonesia, Yasa Boga-PT Gramedia Jakarta, 2007

Bahan:
125g gula palem/gula merah
5 kuning telur
3 putih telur

Campur rata:
125g tepung terigu,
1 sdt peres kayumanis bubuk,
½ sdtpala bubuk,
¼ sdt cengkih bubuk
(aku skip 3 bahan di atas, aku ganti dengan 1.5 sdt bubuk all spices)

Taburan:
50g kenari, iris tipis

Cara:
1. Kocok kuning telur dan putih telur, gula palem sampai kental dan naik.
2. Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur, aduk rata.
3. Tuang ke dalam loyang roti (loaf) yang sudah dialas dengan lapisan kertas yangsudah diolesi mentega dan ditaburi tepung.
4. Panggang kurang lebih 20 menit (setengah matang), taburi irisan kenari, panggang terus sampai matang, angkat. Potong menurut selera. (aku naburi kenari sebelum masuk oven jadi gak buka-buka lagih)

You Might Also Like

4 comments

Popular Posts

Self Reminder

Self Reminder

Instagram