Creme brulee

9:12 AM

Another deserts post :). Seandainya saya disuruh memilih, tentu saja saya akan lebih memilih membuat desserts daripada memasak. Kali ini yang jadi korban eksperimen saya adalah blow torch atau alat pembakar gas yang baru saya beli dari Toko Ani beberaa waktu yang lalu. Kebetulan saya juga sedang kepengen makan yang creamy, jadilah saya membuat creme brulee ini.

Creme brulee wannabe :)

Resep yang saya pilih tentu saja yang paling simple, dengan bahan-bahan sebagai berikut:

250 ml whipped cream dairy
250 ml susu uht
1 batang vanilla pod, ambil bijinya
4 kuning telur
4 sdt gula, plus tambahan untuk membuat caramelnya

Cara membuatnyapun tidak terlalu susah, pertama, panaskan oven di suhu 150C, tata beberapa ramekin di atas loyang (nantinya kita akan memanggangnya secara "au bain marie").

Sementara itu, panaskan susu & krim beserta vanilla batang dengan api kecil, jangan sampai mendidih, kemudian angkat dari api & saring untuk memimsahkan biji2 vanillanya, sisihkan.

Di wadah lain, kocok kuning telur & gula sampai pucat dan sedikit mengembang, kemudian perlahan tuangkan krim hangat ke kocokan telur sambil tetap diaduk supaya telurnya tidak bergerindil, kalau dirasa perlu bisa disaring.

Setelah itu tuang custard ke dalam 8 ramekin, tuang air panas ke dalam loyang sampai ramekin terendam setengahnya, kemudian panggang selama kurang lebih 1 jam 30 menit (ini di oven saya ya), kemudian setelah selesai proses pemanggangan, dinginkan dan masukkan kulkas selama minimal 2-3 jam'an sebelum dihidangkan.

Sesaat akan dihidangkan, taburi atasnya dengan gula pasir kemudian bakar dengan blow torch sampai gula menjadi karamel/kecoklatan.

Mudah bukan? Dessert ala cafe hasil buatan dapur sendiri, selamat mencoba :)

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Self Reminder

Self Reminder

Instagram