Soto Madura ... akhirnya ...

7:00 AM

Sekembalinya saya ke ibukota setelah libur lebaran kemarin, belum sekalipun saya mengunjungi warung soto langganan di jalan Juanda sana. Week end kemarin, kami bertiga sudah berniat akan mengunjungi depot langganan untuk makan siang, tapi sayangnya depot tersebut tutup :(, padahal di lidah kami soto itulah yg rasanya lumayan mirip dengan soto madura di surabaya.

Seorang teman menyarankan untuk mengunjungi depot lain di jalan radio dalam, dari segi rasa tidak terlalu beda, tapi entah kenapa kami masih lebih suka dengan soto madura yang di jalan Juanda itu. Tapi paling tidak, sebagai pengganti memang soto madura di radio dalam ini lumayan mengobati rasa kangen akan soto madura Juanda.

Menceritakan tentang soto madura, sebenarnya saya juga lumayan sering memasak jenis masakan berkuah yang satu ini. Tapi entah kenapa kok rasanya masih jauhhhh dibanding dengan soto-soto madura yang kami biasa makan. Nahhh, kebetulan sewaktu ibu saya sedang berada di jakarta kemarin, bertanyalah saya bagaimana seharusnya soto madura tersebut. Ternyata, resepnya amat sangat simple, tanpa tambahan embel2 bumbu & rempah macam-macam seperti yang biasa saya buat. Hasilnya, benar2 sesuai harapan, suami saya saja yang pecinta berat soto sampai mengeluarkan statement, "nahhhh ini baru soto madura", wahhhh, tentu saja berbunga-bunga hati saya di puji suami begitu :).

Soto Madura

Soto Madura

Bahan:
Daging sapi, iris sesuai selera
Sedikit beras, rendam kemudian haluskan (ini untuk memberikan tampilan soto yg agak keruh)

Bumbu halus:
Bawang merah
Bawang putih
Kunyit
Sedikit jahe

Pelengkap:
Seledri, iris halus
Jeruk nipis
Bawang goreng
Telur rebus
Sambal kemiri, bila suka

Cara memasak:
1. Rebus daging sampai mendidih, pototng-potong sesuai selera.
2. Masukkan bumbu halus di air rebusan, masak kembali sampai mendidih, kemudian kecilkan api, tetap masak sampai daging menjadi empuk. Masukkan air beras giling kemudian bubuhkan garam & sedikit gula apabila daging telah empuk.
3. Sajikan hangat dengan bahan pelengkap.

Simple bukan, dan rasanya juga segar, beef stock atau kaldu sapinya lebih terasa karena bumbu yang minimalis tadi.

Selamat mencoba :)

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Self Reminder

Self Reminder

Instagram