Bakpao Ayam

10:17 AM

Gak ada ujan gak ada angin tau2 semalem pengen banget maem bakpao. Keingetnya bakpao chik yen yg di surabaya. Disini mungkin banyak bakpao-bakpao lain, cuma kami blum pernah nyari aja ... hehehe. Benernya pengen bikin udah lama, tapi tiap baca resep mestiii makek tepung tang mien/tepung hongkong ituh. Lhaaaa, gak pernah lagi nyambangi tbk jadi yaaa gak pernah punya bahan kue aneh2 ... hahahaha.

Semalem, sambatan ama mbak Nien via bbm, doi kasih ide untuk ngintip ke catetan dapurnya mbak Atli. Owalahh, akhirnya nemu juga resep yg makek tepung biasa. Aku cuma punya cakra kembar & segitiga biru. Ya wesss, semalem bertekad untuk sarapan pagi ini aku mo mbikin bakpao ayam ... hmmm.

Pagi2 tadi bangun lgs ngadon kulitnya, bikin 1/2 resep ... trus sambil nunggu kulitnya ngembang, aku bikin isiannya, sambil mbumbuin sup buntut ... hihihihihi. Jadinya, hari ini kami makan enak dwehh, pagi sarapan bakpao ayam, ntar siang & malem maem pake sup buntut ... :).

Aku copy 1/2 resep dari resep aslinya, aku gak punya shortening jd aku ganti pakek unsaltd butter. Kali ada yg kangen pengen maem bakpao,mnggo dicoba, bisangobatin rasa kangen bakpao lhooo :).

Bakpao Ayam

Bakpao Ayam

Bahan kulit:
200 gr tepung cakra kembar + 1/4 sdt baking powder
1/2 sachet (5.5gr) yeast
100ml air hangat
75gr gula
25 gr shortening (aku gak punya jd aku pakek unsalted butter)

Bahan Isi:
300 gr dada ayam tanpa tulang, cincang kasar
1 batang daun bawang, iris halus
1/2 cm jahe, geprek
1 sdt bwg putih halus
Kaldu ayam cube, skip kalo gak suka
1 sdt Saos tiram
Garam, gula, merica secukupnya
2 sdm maizena larutkan dengan 50 ml air, aduk rata
Minyak untuk menumis

Cara membuat:
Kulit
1. Campurkan, gula+yeast+air hangat, diamkan sampai berbuih.
2. Tuang campuran yeast sedikit demi sedikit ke tepung sambil diuleni sampai kalis. Bulatkan, tutup plastik bening, diamkan sampe volume-nya double, kira2 1 jam'an.
3. Setelah sejam, kempeskan, adonan, tambahkan shortening (aku pakek butter), uleni lagi sampai kalis. Bagi sesuai selera & isi dengan isian, jangan lupa masing2 bakpao dialasin parchment paper waktu mengukus.

Isi
Tumis bawang putih halus & jahe sampai harum, masukkan ayam, aduk sampai berubah warna, masukkan daun bawang, aduk rata, kemudian masukkan kaldu cube,saos tiram, garam, mrica & gula, aduk rata, biarkan sampai matang, kemudian tuang larutan maizena, aduk rata, masak sampai mengental.

Kukus bakpao di kukusan yg udah panas selama kurleb 10-15 menit. Hidangkan hangat.

Hasilnya dahh mirip ma bakpao, cuma mungkin kurang ringan ajahh, jadi maem satu ajah kenyang :). Bapak-anak syukaaaa ... Alhamdulillah :). Happy sunday semuwa :)

You Might Also Like

1 comments

Popular Posts

Self Reminder

Self Reminder

Instagram