Kukis negro

7:38 AM

Namanya lucu .. hehehehe. Tapi secara penampakannya emang negro gituh :). Ini cookies coklat, ngambil resep dari archieve milis ncc yg pernah di posting ama mbak Riana, aku modif dikit tambahin susu & maizena. Nadine suka banget ... lha yang kukis tulang kemaren ajah dia aku jatahin 1 stoples sore pas pulang kerja habis-bis. Rupanya kata si neneknya dia ngemil tuh kukis sambil nonton tv, dikekepin dw gituh, neneknya minta gak di kasih :D.

Semalem dia request lagi kukis ini ... aku pengen eksperimen bikin yg coklat. aku kira dia gak suka ... ealahh ternyata podo wae :). Baru mateng pas blum dikasih icing dia udah nyomot 10 bijian. emang sih, nie kukis tiny size gituh .. pas sekali maem untuk nadine.

Eniwei, kali ini aku pake cookie cutter huruf yg kecil2 yg biasanya aku pake untuk bikin huruf fondant di bdck. Truss, pas ke bbc hari senin kemaren nemu cookie cutter-nya redman yg bentuk orang2an itu .. ya wes aku gambarin ajah orang2an. Udah gituh aku kan sempet bikin satu yg pake bikini gituh ... lucu dehh .. :). Trus ada juga yg model stroberi & apel, model cupcake juga kebikin walo maksa banget jadinya :D. Bener2 menyalurkan hobby gambar yg sudah lama terpendam (habisss dah lamaa banget gak pernah nggambar lagi siyyy ... hehehehe )

Kukis Negro
Ingredients by Tantenya Riana, Instruction by Fatmah Bahalwan - modified a little by me :)

Bahan :
300 gr Blue Band (aku pake 150 gr blue band + 150 gr salted butter)
350 gr Tepung (aku pake 300 gr tepung terigu + 25 gr tepung maizena + 25 gr susu bubuk fullcream)
2 kuning telur
50 gr coklat bubuk
200 gr gula halus

Cara membuat:
1. Campur tepung dan coklat bubuk, ayak, sisihkan.
2. Kocok mentega & butter & gula halus hingga pucat (speed cepat tapi cukup 2 menitan yaa..!), masukkan kuning telur, kocok lagi sebentar. Matikan mixer
3. Tuang campuran tepung secara bertahap kedalam adonan mentega, aduk rata,tuang lagi hingga habis. Aduk rata. (aku ngaduknya pake spatula, model kayak diiris2 gituh, takut keras jadinya kalo ngaduknya kayak diulen gituh)
4. Adonan siap dibentuk.
5. Panggang dengan suhu 160C sampe matang. Hias atasnya dengan royal icing.

Ini dia foto2nya ...







Salam kukis :)

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Self Reminder

Self Reminder

Instagram