Makanan-makanan Jepang a la dapur saya :)

7:19 AM

Sepertinya beberapa minggu yang lalu menjadi japan kitchen week di dapur saya. Hampir berurutan selama empat hari tersebut saya membuat takoyaki, okonomiyaki, kemudian sushi roll dan puncaknya adalah beef teriyaki sebagai menu makanan di rumah saya.

Sebelumya yang sering muncul di menu cemilan Nadine hanya takoyaki, akan tetapi karena penasaran, akhirnya saya juga menyempatkan diri untuk mencoba membuat okonomiyaki. Sayang ternyata anak saya kurang suka, mungkin karena terdapat banyak irisan kol di dalamnya.

Takoyaki

Untuk saya pribadi, baik takoyaki & okonomiyaki, tetap saya suka keduanya :). Okonomiyaki sendiri menurut berbagai sumber hampir menyerupai vegetable fritters, yang membedakan tentu saja pemakaian bahan2 semacam dashi/kaldu dasar jepang yg berbahan dasar rumput laut serta penyajiannya yang menggunakan saus tertentu & katsuobushi. Proses membuatnya sebenarnya tidak telalu susah, perlengkapannya saja yang lain daripada yang lain. Tapi jangan khawatir karena di Jakarta ini ada banyak supermarket jepang yang menyediakan berbagai macam bumbu & bahan makanan khas jepang. Salah satunya adalah kamome di melawai dan papaya di blok m, selain itu ada cosmo supermarket di daerah grand wijaya, dulu saya membeli loyang takoyaki disini.

Resep okonomiyaki yang saya coba kemarin saya ambil dari sini, silahkan langsung meluncur ke tkp untuk resep selengkapnya ya :)

Okonomiyaki
Selain dua cemilan yang saya sebut di awal tadi, saya juga menyempatkan diri untuk membuat homemade sushi roll dengan isian sesuai selera saya. Kali ini saya menggunakan wortel-timun jepang-irisan nugget ayam-alpokat dan irisan telur dadar sebagai isian. Sayang saya tidak sempat membuat acar jahe sebagai pelengkap.

My california roll

Sebagai penutup parade masakan jepang di dapur saya, beberapa hari yang lalu saya memasak beef teriyaki. Untuk masakan yang satu ini tentu tidak asing lagi. Secara keseluruhan, masakan-masakan diatas sebenarnya tidak terlalu susah dalam hal pembuatannya, hanya saja sebagai permulaan dibutuhkan beberapa bahan2 khusus.

Beef Teriyaki

Apabila anda pecinta masakan jepang & lumayan suka terjun ke dapur tidak ada salahnya mulai mengumpulkan bumbu-bumbu a la jepang tersebut dan mulai menyelipkannya dalam menu sehari-hari :).

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Self Reminder

Self Reminder

Instagram