Chocolate Souffle

8:37 PM

Saya sedang menggandrungi acara kompetisi memasak Masterchef US yg sedang tayang di StarWorld. Tidak dari awal sih memang, baru sekitar 3 mingguan ini :). Menarik sekali acaranya, para amatir berkompetisi menyajikan masakan secara profesional. Salah satu jurinya adalah pemilik acara Hell's Kitchen, Gordon Ramsay, bersama dengan Joe Bastianich & Graham Elliot. Acara ini sudah masuk ke tahapan final four, makin seru tentunya. Silahkan membaca disini jika ingin tahu lebih banyak, atau langsung saja tv-nya di pasang ke saluran StarWorld setiap hari Kamis jam 8 malam :)

Nahhh, minggu lalu, dua peserta posisi terbawah harus berkompetisi membuat chocolate souffle. Hasilnya looks so tempting, membuat saya penasaran ingin mencobanya juga di dapur saya :). Kebetulan Nadine juga minta dibuatkan, psssttt, dia juga penggemar berat acara ini lohhh :). Jadilah saya bereksperimen di dapur sesorean ini tadi :).

Chocolate Souffle

Resep yang saya pakai sengaja saya pilih versi Gordon Ramsay, link resep aslinya bisa dilihat disini, dibawah ini saya copy 1/2 resepnya ya :)

[Collage] Chocolate-orange Souffle

Gordon Ramsay Chocolate Souffle

Chocolate custard
10 gr maizena
100 ml susu uht
100 gr dark cooking chocolate, cincang - use the best one if possible
3 medium size kuning telur
1 sdt parutan orange zest - tambahan dari saya

Campuran putih telur
3 medium size putih telur
50 gr gula pasir
Gula halus untuk taburan

Cara membuat:
1. Olesi 5 ramekin dengan butter, simpan dikulkas 5 menit kemudian olesi butter lagi, taburi dengan coklat bubuk smp tertutup rata. Sisihkan.
2. Panaskan oven di suhu 180C
3. Chocolate custard: campurkan maizena dengan susu uht, aduk rata, kemudian panaskan diatas api sampai mengental, masak sampai mendidih. Matikan api, angkat kemudian masukkan cincangan coklat, aduk sampai tercampur rata, terakhir masukkan kuning telur yg sudah dikocok lepas, aduk sampe tercampur rata. Pindahkan ke mangkuk lain, biarkan dingin
4. Di mangkuk mixer, mixer putih telur sampai berbuih, kemudian tambahkan gula sedikit demi sedikit, mixer sampai putih telur kaku & glossy.
5. Masukkan sebagian putih telur ke dalam custard coklat, aduk rata, tambahkan sisanya, aduk rata. Tuang ke ramekin, kemudian panggang selama 15 menit (di oven saya), di resep aslinya hanya 6-8 menit.
6. Angkat dari oven, taburi gula halus kemudian hidangkan segera :).

Rasanya seperti hot chocolate pudding :). Saya sih prefer menikmatinya dingin, jadi saya simpan di kulkas dulu baru  menikmati chocolate souffle dingin ini - it is perfectly chocolate treats :)

You Might Also Like

4 comments

Popular Posts

Self Reminder

Self Reminder

Instagram