Mie godok jawa

7:02 AM

Jakarta akhir2 ini sering sekali diguyur hujan, tidak selalu di siang/sore hari saja, terkadang tengah malam sampai pagipun hujan masih mengguyur kota nan padat ini. Hujan di pagi hari biasanya membuat kita males untuk beraktifitas seharian itu, rasanya lebih enak memilih meringkuk di bawah selimut dan hanya melakukan aktifitas di dalam rumah :). Hujan di siang sampai sore hari, terlebih lagi bila terjadi hari jumat, duhhhh, dijamin akan membuat jakarta macet belum lagi resiko banjir. Anyway, apapun yg terjadi, rasanya yg bisa kita lakukan hanyalah menikmatinya, capek ngomel toh tetap hujan - karena memang sedang musimnya, capek memaki-maki toh tetep banjir dan macet :).

Biasanya, di musim penghujan begini, hidangan yg paling di cari adalah sesuatu yg hangat & berkuah :). Pilihan saya kemarin adalah membuat bakmi godok jawa. Baru sekali ini saya membuatnya, biasanya saya suka beli bakmi godok jawa di daerah pejompongan, pasti yang tinggal sekitar situ tidak asing dengan bakmi jawa bumen jaya. Di satu area tersebut, ada 3 warung, ketiganya kalo menurut lidah saya rasanya sama saja :). Jajan di warung bakmie ini biasanya ditemani dengan sajian tahu pong goreng yg di cocol dengan sambal kecap. Waduh, membayangkannya saja sudah membuat saya ngiler nih :)

Memasak bakmi godok ini tidak terlalu susah, tapi hasilnya nanti dijamin akan bikin ketagihan :)

Mie godok jawa

Bakmi Godok Jawa

Bahan:
Ayam, 3-4 potong (sesuai selera), rebus dengan air untuk kaldunya
Mie telur, rebus setengah matang, tiriskan
Tauge, siangi
Kol, iris2 tipis
Sawi/bakcoy, iris sesuai selera
Telur, buat menjadi orak-arik
Kecap manis, sedikit
Daun bawang, iris serong
Tomat, iris kotak2

Bumbu halus:
Bawang merah
Bawang putih
Kemiri
Cabai, sesuaikan dengan tingat kepedasan yg diinginkan ya :)

Pelengkap:
Acar mentimun+wortel
Emping goreng
Bawang goreng untuk taburan

Cara membuat:
1. Rebus ayam sampai mendidihkan, ambil ayamnya, sisihkan kaldunya. Goreng ayam sampai kecoklatan kemudian suwir/iris sesuai selera.
2. Tumis bumbu halus + daun bawang sampai harum, tambahkan kaldu, aduk rata, masak sampai mendidih. Kemudian masukkan irisan ayam & telur, aduk rata, bubuhkan garam, gula & kecap manis sesuai selera, cicipi & aduk kembali, kemudian masukkan mie telur yg sudah direbus beserta sayuran sekaligus tomat, aduk rata. Biarkan sampai mendidih & sayuran matang, angkat dari api.
3. Hidangkan hangat, dengan taburan bawang goreng serta pelengkap yang lain.

Untuk memudahkan memasak di lain waktu, bumbu halus bisa ditumis terlebih dahulu kemudian simpan di kulkas dalam wadah kedap. Begitu juga dengan air kaldu, bisa di buat banyak sekaligus kemudian simpan di stoples kaca & dimasukkan ke kulkas.

You Might Also Like

1 comments

Popular Posts

Self Reminder

Self Reminder

Instagram