KBB # 22 - Florentine cup & spun sugar

9:35 AM


Pertama kali terima surat cinta untuk tantangan kali ini, yg terlintas pertama adalah bingung ... hehehehe. Akhirnya dianggurin ajah tuh email di inbox, ditengok lebih lanjut pun enggak, tapiiiiii karena di grup bbm kbb temen2 pada rame laporan kalo udah bikin akhirnya sedikit banyak jadi ngeh musti bikin apa ... hehehehe.

Spun sugar

Tapi tetep ajah, karena ketumpuk ama kerjaan2 baking lainnya jadinya ngerjain juga last minute. Bener2 clueless dan kurang wawasan resep kue2 indonesia apa yg melalui proses pemanggangan ... hieks. Padahal tiap hari ya bikin cake baik untuk dijual maupun untuk dimaem sendiri.

Akhirnya, pilihanku jatuh ke resepnya mbak Ria chocoloveid. Inspirasinya dapet pas liat bukunya ny. liem, tapi ada bahan2 yg aku gak ngerti dan gak punya stok ... jadilah akhirnya browsing dan terdampar di blognya mbak Ria. Kukis ini dulu seingetku, dibikin pake cetakan nastar keranjang, campurannya pun enggak sekeren sekarang, cuma pake sukade doang :).

Oiya, kalo liat junior masterchef minggu lalu kalo gak salah, mereka bikin begini dan ada isiannya frangipane, kayaknya kok enak :D. Jadi kemaren, bikin 1/2 resep, sebagian aku isi persis yg diresep mbak ria, sebagian lagi aku isi frangipane trs dikasih toping isiannya (cornflakes dkk tadi :D). Nahhh, luarnya baru dikasih spun sugar.

Tentang spun sugarnya sendiri .... sempet bikin 2x, pertama dengan resep yg dari surat cinta ... gagal totallll ... mengkristal dengan suksesss karamelnya, mungkin karena aku aduk-aduk ituh .... huhuhuhu. Berikutnya, nyoba bikin pake metode dry caramel .... jadi teringat orang yg jual gulali jaman sd dulu ... gula yg dipanasin trus ditarik2 ngebentuk bentuk yg lucu2. Karena lagi gak ada si mbak, jadi bikin spun sugarnya ya seadanya, pokoknya cukup untuk di dokumentasikan prosesnya dan dipasang ke florentine cup-nya.

KBB # 22 - The making

Oiya, ini resepnya .... aku salin 1/2 resep, resep aslinya silahkan lgs meluntjur ke tkp :D. Karena aku gak punya cetakan mini pie, jadi aku pake cetakan pie standard.

KBB # 22 - Florentine cup with spun sugar

Florentine Cup
Sumber: mbak Ria - chocoloveid

Kulit Pie
65gr salted butter beku - resep asli butter+margarine
35gr gula halus
1 butir telur kocok, pake 1/2-nya ajah
1 sdm susu bubuk
140gr tepung terigu

Cara membuat (versi saya yg pemales :D)
- Campurkan semua bahan kering, parut butter beku dengan parutan keju, urap dengan tangan sampai membentuk butiran2 kayak pasir, kemudian masukkan kosokan telur, aduk rata sampai bisa di bulatkan & gak lengket.
- Ambil secukupnya, giling tipis kemudian pasang di cetakan pie, ratakan pinggirnya, kemudia panggang sampai matang.

Bahan Isian
50gr salted butter
30gr gula - aku kurangi dari takaran resep aslinya
1 sdt madu
25 gr corn flakes
25 gr cherry merah, potong kecil2
25gr kismis, poong kecil2
almond slice secukupnya

Cara membuat,
- Panaskan butter, gula & madu sampai timbul2 gelembung2, angkat dari api, kemudian masukkan sisa bahan yg lain. Isikan ke kulit pie yg sudah dingin. Baru diaplikasikan itu sugar spun-nya :).

Kalo mau dipakein isian frangipane, silahkan diliat disini ya resepnya :).

Untuk spun sugar, kemaren aku cuma memanaskan dengan api kecil 3 sendok gula pasir, tanpa diaduk biarkan sampai semua gula leleh menjadi karamel. Angkat dari api, setelah agak hangat, dengan garpu, celupkan ke karamel, kemudian tuangkan ke atas florentine cup sambil ditarik2 sehingga terbentuk kayak serabut/rambut tipis, ato kalo mau ribet, tuang sedikit diatas parchment paper karamel yg ulah mulai hangat, kemudian tarik2 supaya terbentuk serabutnya.

Ahhhh, akhirnya selesai sudah laporan saya .... thank you ibu host ... good luck dengan round up-nya yaaa :)

You Might Also Like

4 comments

Popular Posts

Self Reminder

Self Reminder

Instagram