Egg tart

9:56 AM

The egg tart or egg custard tart is a pastry commonly found in Hong Kong and other Asian countries, which consists of an outer pastry crust that is filled with egg custard and baked. source: wikipedia 
Seminggu ini dua kali saya bikin egg tart - as in chinese cuisine. Bukan dalam rangka apa2 ... cuma lagi pengen makan dessert yg cepet & krimi *teteupppp* .... hihihihi. Yg pertama bikin kulitnya pake shortcrust  pastry. Isian custard-nya, semua bahan di campur dimasak dengan api kecil, trus dituang ke kulit pastry-nya. Versi yg ini, musti dijaga banget supaya isianya enggak sampai mengembang tapi tetap harus matang, jadi suhu oven yg dipake sedang saja.

Chinese egg tarts

Chinese style egg tarts
Original recipe here

Bahan:
Pie crust sesuai selera, saya pake resep pate brisee-nya martha stewart, untuk setengah resep adonannya tambahkan 1-2 sdm gula halus.

untuk custard
200ml susu uht
4 butir telur
100gr gula pasir
sejumput garam

Cara membuat:
1. Buat kulit pastry-nya, potong & pasang di cetakan muffin, panggang setengah matang, jangan lupa ditusuk2 dasar kulit pie dengan tusuk gigi biar gak mengembang waktu dipanggang.
2. Campur semua bahan custart, jerang di atas api kecil sambil terus diaduk sampai semua gula larut, angkat, saring bila perlu.
3. Tuang ke kulit pie sampai hampir penuh, panggang di suhu 175C selama kurang lebih 15-20 menit (tergantung oven masing2 ya), sampai isian custartd-nya set tapi enggak sampai mengembang. Angkat dan dinginkan, baru keluarkan dari cetakan.

Berikutnya, tadi pagi saya coba yg versi portugis, pada inget lisboa gakkk??? Jaman sekitar tahun 2000an egg custard lisboa ini yg paling dicari ... kulitnya krispi custard-nya lembut. Yg membedakan ama yg diatas, kalo portugis style ini kulitnya mirip puff pastry dan custard-nya dicampurin ama tepung terigu, selama proses  pemanggangan custard-nya akan mengembang dan akan ada brown spot-nya. Suhu yg dipake suhu tertinggi di oven kita tapi durasi memanggangnya cuma 10-12 menitan (di oven saya yg maximum suhunya cuma 250C).

Karena saya pemalas ... hihihihi, tadi pagi saya pake kulit puff pastry siap pakai, sepertinya kalo bikin puff pastry from scratch hasilnya akan lebih crispy lagi :).

Portuguese custard tarts

Portuguese custartd Tarts
Original recipe here

Bahan
Kulit puff pastry siap pakai, secukupnya


Untuk custard
20gr tepung terigu
100gr gula
3 kuning telur + 1 butir telur
300 ml susu uht
Sejumput garam
1 batang vanilla bean, kerat, ambil isinya

Cara membuat
- Potong kulit puffpastry dengan ring cutter, letakkan sedemikian rupa di loyang muffin sambil diratakan. Sisihkan.

- Membuat custard:
Campur gula & tepung, aduk rata, sisihkan
Kocok lepas telur.
Rebus susu & vanilla bean sampai mendidih, kemudian saring. Tuang setengah bagian ke campuran gula & tepung, aduk sampai gula larut, kemudian masukkan kembali ke panci sisa susu.
Kemudian tuang beberapa sendok adonan susu ke telur, aduk rata, tuang semuanya ke adonan susu tadi, bubuhkan gara, aduk rata & sisihkan.

- Panaskan oven di suhu paling tinggi (ovenku max. 250C), tuang custard ke kulit puff pastry sampai hampir penuh, panggang 10-15 menit ... sampai pinggiran kulit kecoklatan & muncul brown spot di permukaan custardnya. Keluarkan dari oven, biarkan hangat baru dilepas dari muffin cup-nya. Siap dinikmati dengan secangkir teh hangat :)

Kalau gak gini saya gak tau tuh ada beberapa macam egg tart, saya pribadi teteup suka keduanya :).

Selamat hari minggu yaaa :)

You Might Also Like

1 comments

Popular Posts

Self Reminder

Self Reminder

Instagram