Vanilla eclair

7:55 PM

It's one of my favorite pastry :)


Sepanjang yg aku tahu, banyak banget macem resep choux pastry .... saya juga termasuk yg sudah mencoba beberapa macam .... dari yg mulai pemakain telur segambreng ... tepung berprotein tinggi dll ... akhirnya, aku jatuh hati dengan resep yg ini :). Telur tidak terlalu banyak tapi in the end hasilnya sesuai yg kuharapkan :).

Untuk bentuknya silahkan dikreasikan sesuai selera yaaa :)

Vanilla éclair

Vanilla Eclair

Kulit
1/3 cup air
1/3 cup susu
1/2 cup tepung terigu segitiga (all purpose)
65gr salted butter - jangan diganti margarine yaaa :)
2 butir telur
1 kuning telur
sejumput garam
sejumput gula

Vanilla custard
3 kuning telur
1/4 cup gula
1 batang vanilla bean
1 cup susu uht
15gr tepung maizena
1sdm salted butter

Glaze
50ml whipped cream
50gr dark cooking chocolate

Cara membuat:

Kulit eclair
1. Panaskan air, susu, butter & gula sampai mendidih, angkat dari api, masukkan tepung terigu, aduk rata, kembalikan ke api, aduk sampai adonan tidak menempel ke panci, angkat dari api.
2. Masukkan telur satu persatu sambil diaduk dan tercampur rata. Masukkan ke pipping bag, gunting ujungnya, semprotkan memanjang dengan ukuran sesuai selera. 
3. Panggang di suhu 220C selama 15-20 menit ato sampai permukaannya kekuningan. Jangan dibuka pas manggang ya dan kenali suhu oven masing2.
4. Angkat, biarkan hangat baru diisi dengan vanilla custard.

Vanilla custard
1. Campur kuning telur, gula, maizena, aduk sampai tercampur rata dan warna kuningnya menjadi agak pucat
2. Panaskan susu dan vanilla bean sampai hampir mendidih, angkat vanilla bean-nya, tuang setengah bagian rebusan susu ke kocokan telur+gula+maizena, aduk rata, kemudian tuang kembali ke sisa susu dipanci, panaskan kembali sambil terus diaduk sampai custard mengental, angkat dari api, masukkan butter, aduk sampai tercampur rata, biarkan hangat kemudian masukkan ke piping bag.

Glaze
Campur dcc & whipped cream, panaskan satu menit di microwave, aduk rata sampai coklat meleleh, kalo belom meleleh panaskan lagi 30 detik.

Assembly, lubangi ujung kulit eclair yg sudah hangat dengan sumpit, semprotkan custard sampai penuh :). Celup permukaannya ke chocolate glaze. Siap dinikmati dengan secangkir teh hangat :).

Please excuse for the bad picture .... poor lighting & awful styling .... dua kali bikin gak pernah lama umurnya nie eclair, jd blm ada kesempatan lagi untuk motret dengan kondisi yg proper :).

Oiya, sisa putih telur bisa disimpan, dua hari kemudian siap dijadiin french macarons :D

Udahhh ahhhh ... mo nonton glee duyuuuu  yaaa :D

You Might Also Like

2 comments

Popular Posts

Self Reminder

Self Reminder

Instagram