Roti abon .. dan roti manis lainnya :)

8:10 AM

Masih pengen menaklukkan per-roti-an. Kali ini nyoba resep dari buku "variasi roti lezat & cantik 2" punyanya Sedap. Yg dicobain yg gampang2 ajah adonan dasar roti tanpa biang. Isinya aku divarisasi dw sesuai bahan apa yg ada dirumah.

Roti dasar tanpa biang

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi (aku pake cakra kembar, yg bungkusnya warna ijo itu)
2 1/4 sdt ragi instant
75 gr gula pasir
15 gr susu bubuk
1 butir telur
265 mil air es
1 sdt garam
50 gr margarine
sus evaporated untuk olesan

Cara membuat:
1. Campurkan bahan kering, aduk rata.
2. Masukkan telur & air sedikit demi sedikit sampil diuleni sampai kalis (aku ngulen pake mixer)
3. kalo sudah kalis, masukkan margarine & garam, ulen lagi sampai elastis. Diamkan 30 menit.
4. Kempiskan adonan, timbang masing2 sesuai selera. Bulatkan & diamkan lagi 10 menit.
5. Pipihkan adonan, beri isian, bulatkan lagi atau bentuk sesuai selera. Diamkan lagi sekitar 75 menitan atau sampai mengembang dua kali.
7. Oles permukaan dengan susu evaporated, beri taburan sesuai selera kemudian panggang dengan suhu 190C selama 10 -15 menit atau sampai atasnya kecoklatan.

Note:
Untuk roti abon, dalemnya aku isi sosis, permukaannya aku olesi mayonaise siap pakai trus ditaburi abon. Lainnya aku bentuk biasa sesuai selera, begitu juga isiannya.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Self Reminder

Self Reminder

Instagram