Cumi masak hitam

9:42 PM

Udah lama bangett gak maem masakan ini. Pas jaman aku kecil, almh. nenekku suka banget masak bginian. Blio nih yaa kalo masakkk ... wess top dahh, terutama masakan khas surabaya. Dari mulai soto bandeng, kotokan ikan pe, krengsengan, pepes bandeng keluwak, pepes udang panggang, dendeng semut (dendeng daging yg pakek kelapa tp sebelum digoreng dijemur dulu ... enak kriuk2 hasilnya) ... duhh, sampe kemecer aku mbayanginnya.

Salah satunya yg aku suka, cumi masak item ini. Cuminya sengaja gak dibuang kantung tintanya demi mendapatkan aroma cuminya yg khas. Masaknya enggak perlu lama2 karena nanti daging cuminya akan keras, jadi kalo pengen yg sampe asat/kering .... masak pake api besar, tp jangan lupa untuk sering2 diaduk karena kalo enggak paatinya akan gosyong :).

Eniwei, berikut resepnya, ini aku bikin untuk porsi bertiga secara anggotanya cuma tiga orang ajah ... hehehe.

Cumi masak hitam

Cumi masak hitam

Bahan & bumbu:
3 ons cumi, aku suka make cumi yg ukuran sedang, buang tulang lunaknya, cuci tp jangan sampe kantung tintanya pecah
1 cm jahe, geprek
1 sdt bawang merah halus
1/2 sdt bawang putih halus
1/4 sdt kunyit halus
2 lembar daun salam
Air asam jawa, kira2 1sdt
Garam & gula secukupnya
Sedikit minyak untuk menumis

Cara memasak:
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus beserta jahe & daun salam sampai harum.
2. Kemudian masukkan cumi, aduk rata, beri air sedikit, bubuhkan garam & gula, masak dengan api besar sampai kuah habis/mengental (sesuai selera ya). Kalo ingin yg sampai mengering (sukaanku yg bginihh), jangan lupa di aduk2 biar enggak gosong. Angkat dari api.
3. Sajikan hangat dengan nasi & kerupuk putih.

Gampang tohhh ... hehehe. Menu pelengkap cumi masak hitam ini tadi aku bikinin sayur lodeh yg agak pedes :)

Yukk mareee memasakkk :)

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Self Reminder

Self Reminder

Instagram