Chocolate mousse

9:25 PM

My sweet tooth is in the air, yupppp, lately I'm always craving for something sweet, something creamy ... something that absolutely melts on my mouth and of course it has to make me drool over it by only looking at it :).


Another dessert post, yeahhhh, I know, I know ... I'm posting to many dessert recipes lately ... so blame on my sweet tooth 'lah :).

Chocolate mousse

Pilihan kali ini adalah chocolate mousse. Setiap kali mood lagi jelek, buat saya, coklat adalah penolong pertama untuk membangkitkan mood jelek saya. Kalo sedang malas mengolahnya, biasanya cukup hanya dicemilin sambil nonton tv ato baca buku, it helps, it really does, benar2 bisa mengembalikan semangat yg sebelumnya mulai mengendur :).

Anyway, enough with the chit chat .... saya bikin mousse coklat ini kemarin setelah browsing di webpage-nya sun yin, saya pilih resep ini karena ini yg paling simple, tanpa gelatine dan bahan yg aneh2 lainnya. Hanya metode mengolahnya saja yg saya sesuaikan dengan keinginan saya, karena di resep ini memakai raw egg yolk dan saya gak cukup yakin apakah hanya dengan menuangkan sirup gula mendidih di suhu 118C sudah cukup mematangkan kocokan kuning telurnya. Sebagai gantinya, saya mengocok kuning telur di atas air panas sebelum akhirnya kemudian menuangkan sirup gula mendidih ke kocokan kuning telur tersebut.

Here's the recipe, originally bisa dilihat langsung ke sini ya.

Chocolate Mousse

Bahan:
3 kuning telur
2 sdm gula pasir
4 sdm air
175 gr dark cooking chocolate
250 gr whipped cream

Cara membuat: 
1. Lelehkan coklat di mangkuk terpisah, sisihkan.
2. Jerang air di panci sampai mendidih, tuang kuning telur di mangkuk kaca/stainless, taruh di atas panci dengan air mendidih tadi sambil di kocok dengan ballon whisk sampai pucat, sementara di panci lain panaskan air & gula sampai mendidih di suhu 118C. Tuangkan rebusan air gula ke dalam kocokan kuning telur sambil terus dikocok, angkat mangkuk dari atas panci mendidih, kemudian masukkan dcc leleh, aduk kembali sampai rata, adonanannya akan menjadi kental sekali.
3. Di kom mixer, kocok whipped cream sampai setengah kaku (soft peak), ambil sedikit kocokan whipped cream masukkan ke dalam campuran coklat, aduk sampai tercampur rata, kemudian tuang ke dalam kocokan whipped cream, aduk dengan spatula sampai tercampur rata. Masukkan adonan ke gelas/ramekin sesuai selera, simpan dikulkas sampai waktunya di sajikan.

Hmmmm .... heavenly taste .... jadi lupa deh ama berat badan ... hoahahaha. 

Disclaimer: untuk yg sedang diet mati2an harap jangan mencoba resep ini daripada nanti rusak dietnya .... hahaha.  

You Might Also Like

1 comments

Popular Posts

Self Reminder

Self Reminder

Instagram