Lemon Meringue Pie

9:14 AM

Selain penyuka makanan yg manis2 saya termasuk juga penyuka makanan2 dengan taste asam atau sour :), dari mulai yoghurt, buah2an sampai desserts. Saya lebih memilih mangga mengkal daripada pepaya/melon ... hehehe. Lemon kebetulan salah satu buah yg selalu ada di kulkas saya, gak harus diolah dijadikan sesuatu sih, kadang cuma saya pakai untuk membuat lemon tea atau saya pake lemon zest-nya untuk campuran cheese cake :).



Sebenernya sudah lama saya pengen mengolah lemon untuk menjadi lemon meringue pie ini, terakhir bikin waktu jaman rekiplik pas saya baru awal2 belajar baking :), tapi waktunya kagak pernah ketemu ... hihihi. Akhirnya semalam saya sempatkan membuatnya. Lemon meringue pie yang lama merupakan versi anna olson, nahhh yg semalam saya coba versi Martha Stewart :).

Lemon Meringue Pie

Lemon Meringue Pie

Pie Crust
1 1/4 cup tepung terigu
2 sdt gula halus
112 gr salted butter
1-2 sdm air dingin

Lemon Curd
4 buah lemon, parut kulitnya & ambil airnya
1 cup gula
8 kuning telur
140gr salted butter

Meringue
3 putih telur
1/2 cup gula
1 sdm tepung maizena

Cara membuat:
Pie Crust: dengan pisau pastry, campur rata tepung+gula halus+butter sampai berbentuk seperti butiran2 pasir, beri air sesendok, kemudian campur sampai bisa dibulatkan. Pipihkan bulatan adonan, bungkus plastic wrap, cimpan di kulkas minimal sejam. Setelah diistirahatkan, ambil adonan pie, taburi tepung kemudian giling tipis, pasang di loyang pie, rapikan, tusuk2 dasarnya dengan garpu, beri alas kertas roti/aluminium foil, taburi biji2an, panggang di suhu 180C selama kurang lebih 25 menit'an.

Lemon curd: campurkan gula+lemon zest+perasan air lemon+kuning telur, aduk rata, jerang di atas api sedang sambil tetap di aduk sampai mengental, kalo sudah mulai mengental, angkat dari api dan tuangkan ke pie crust yg sudah di panggang.

Meringue: kocok putih telur sampe mulai berbusa, masukkan gula sedikit demi sedikit, kocok terus saampai stiff, kemudian tambahkan 1sdm tepung maizena, kocok kembali sampai tercampur rata.

Assembly: tuang lemon curd di atas pie crust, beri meringue kemudian panggang di suhu 180C sampai permukaan meringue kecoklatan. Angkat, dinginkan sebelum dipotong.

Silahkan mencoba yaaa, kalo enggak suka yg asem2 gak perlu buang2 energi untuk mencobanya, daripada saya nanti dikomplen kok lemon pie-nya asem bangged ...  :). Anyway, have fun playing with the curd yaaa, ada banyak versi di internet, ada yg dipakein susu sebagai campuran lemon curd-nya, mungkin yg ini yg lebih bersahabat untuk mereka yg enggak suka rasa asem :).

Happy wednesday folks :)

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Self Reminder

Self Reminder

Instagram