Triple Choco Caramel Cake

9:35 AM

Image Hosting by ImageShackResepnya kuwe ini lagi riwa-riwi di milis ncc jadi rasanya kurang afdol kalow gak dicobain .. hehehehe. Menurut aku, cake ini adalah cake coklat yang moist disiram ma caramel syrup (versi aku, aku pake light corn syrup bukan simple syrup biar lebih mantebz) filling pake ganache & sekelilingnya dilapis ganache kocok .... hmmmm .... rasanya nyoklatttt bangett ... untuk ngimbangin rasa coklatnya, topping-nya dikasih full fruity biar gak eneg ... :).

Selamat mencoba ... :)


Note:
1. aku nyoba 1/2 resep aja, cuma pake telur 5 butir ajah ... ukuran adonannya pas untuk loyang kotak 20 x 20 cm ...
2. sisa ganache setelah diambil untuk filling, dikocok lagi pake mixer jadi bentuknya kayak whipcream gituh, lembuttt & rasa coklat ... enyakkkk banget :)

Triple Choco Caramel Cake
recipe by : uceu

Bahan- Bahan :
10 btr Telur
150 gr Gula
1 sdm Emulsifier
140 gr Tepung terigu
60 gr Cocoa Powder
75 gr Dark Cooking Chocolate
100 gr Margarine cair

Cara Membuat:
1. Panaskan margarine sampai mencair, masukan DCC, aduk rata, dinginkan dan sisihkan.
2. Kocok telur dan gula hingga putih mengembang.
3. Tambahkan emulsifier.
4. Masukkan tepung terigu kedalam adonan.
5. Tambahkan kedalam adonan campuran margarine dan DCC, aduk rata.
6. Masukkan adonan kedalam loyang yang telah dialasi kertas roti. (kalo setengah resep pas untuk loyang 20x20 cm)
7. Oven dengan suhu +/- 170C, hingga matang (kalo aku kurleb 35 menitan, tergantung oven-nya nie waktu untuk manggang)
8. Keluarkan dari loyang, dinginkan.

Chocolate Ganache
500 ml Fresh Cream (aku pake whipcream-nya anchor yang 250, secara mbikinnya kan cuma 1/2 resep ajah, fresh cream di batam gak ada, kalo niat mo nyari. diseberang ada, di cold storage merk-nya bulla)
500 gr Dark Chocolate
75 gr Butter (aku pake orchid yang unsalted)

Cara Membuat:
1. Panaskan fresh cream dengan api kecil, matikan api.
2. Masukan dark chocolate (iris kasar), tambahkan butter, aduk rata.
3. Dinginkan dikulkas ampe bener2 dingin and sesekali diaduk biar gak ngegumpal, siap untuk dipergunakan sebagai filling (kalo aku, setelah dipake untuk filling, sisanya aku kocok pake mixer sampe rada coklat muda warnanya ... jangan terlalu lama ngocoknya, pokoke sampe lembut ajah, nahh, yang ini bisa dipake untuk olesan luar cake)

Image Hosting by ImageShackCaramel syrup
100 gr Gula
50 ml air 1 (aku skip yang ini)
100 ml air 2

Cara Membuat:
1. Panaskan gula diatas api kecil (masak sampai menjadi caramel)
2. Tambahkan air kedalam campuran caramel tersebut (pelan2 ya, takut nyiprat) masak dan aduk sampai caramel mencair dan tercampur rata. Matikan api, dinginkan

Cara assembly cake:
1. Belah cake menjadi 2 bagian.
2. Siram ke dua bagian cake tersebut dengan mempergunakan simple syrup. (aku pake light corn syrup)
3. Siram lagi dengan menggunakan caramel syrup.
4. Olesi bagian tengah cake dengan menggunakan ganache dengan ketebalan kurang lebih 1 cm.
5. Tutup dengan setengah bagian lagi.
6. Hias bagian atas cake dengan mempergunakan ganache kocok & buah ato garnish lain sesuai selera. (kalo pake topping buah (aku pake kiwi, jeruk mandarin kaleng & strawberry segar) musti disiram pake gelatine ato jelly biar buahnya steady & mengkilat, aku sih pake nutrijel yang rasa plain/bungkus warna biru, 1 sdt nutrijel dilarutkan ama air panas (100ml-an), kasih gula 2 sdt biar ada rasa, aduk rata trus siram diatas topping buah)

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Self Reminder

Self Reminder

Instagram