Lontong Kikil Surabaya

9:04 AM

Image Hosting by PictureTrail.comNahhh, kalo yang ini aseli sukaan aku & suamiku :). Lontong kikil sapi, biasanya kalo di surabaya aku suka beli dideket rumah (kikil ban sepur kapasari aku nyebutnya, secara warungnya kecil tanpa nama di deket bansepur kapasari, kikile empuk & bumbune meresap .. pass pokoke). Kabar2nya sih, kalo versi ibuku, yang lebih enak lagi yang di deket terminal bungurasih sono ...tapi aku sendiri blum nyoba, next time kalo pulang pasti aku samperin ke sono (padahal juauuh lhoo dari rumah mamah kalo mau ke bungurasih .. hehehehe).

Alkisah, di Surabaya itu sup kikil ada dua macem, kikil sapi & kikil kambing. Yang paling mantap di hati .. kalo kikil sapi ya di dekat bansepur kapasi situh, tapi kalo kikil kambing .. hmm, gak ada yang ngalahin kikile cak beki di simolawang situh. Beda kikil kambing and kikil sapi, sejauh yang aku tau, kalo kikil sapi tuh, bumbue merah-rada pedes walo tanpa sambel sedangkan kikil kambing itu bening & gurihh banget. Nahh, kalo kikil kambing-nya cak beki di simolawang ini dia dicemplungi ama daun korobelek (mbuh daun opo iku) yang jelas, kalo niat mo beli kikil langsung ke rumahnya (bukan di warungnya) ada tuh tanaman yang dia sebut daun korobelek itu.

Eniwei, enough with kikil story. Ini dia resepnya kikil sapi versi bunda nadine :) (original recipe dari ibunda tercinta nun jauh di surabaya sono) .. thanks for the recipe, Mom ... :)

Bahan:

600 gr kikil sapi, cuci bersih & rebus sampai empuk (aku biasae beli yang udah bersih & sudah terpotong kecil2 di supermarket)
1 lt air untukt merebus kikil
2 cube kaldu sapi siap pakai

Bumbu halus:
6 butir bawang putih
3 butir bawang merah
2 - 3 buah cabe merah (kalo gak pengen pedas, buang bijinya)
2 cm kunyit bakar
2 cm jahe
6 butir kemiri
garam & merica secukupnya
minyak untuk menumis

5 lembar daun jeruk
1 batang sereh, memarkan
1 cm lengkuas, memarkan
Daun bawang, potong2 1 cm-an

Image Hosting by PictureTrail.comPelengkap:
Jeruk nipis
Lontong
Sambal kemiri

Cara membuat:
1. Rebus kikil dengan 1 ltr air sampai empuk (kalo pengen cepet bisa pake panci tekan).
2. Tumis bumbu halus bersama dengan sereh, daun jeruk & lengkuas, sampai harum.
3. Kemudian masukkan bumbu ke dalam rebusan kikil, tambahkan garam & merica, kaldu sapi siap pakai dan daun bawang iris, masak sampai kikil empuk & bumbu meresap.
4. Sajikan hangat bersama lontong, tambahkan jeruk nipis plus sambal bila suka.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Self Reminder

Self Reminder

Instagram