Cake Duren

7:49 AM

Sebagi penggila durian .. rasanya penasaran banget pengen nyobain cake durian kukus a la mbak lia ini. Dan ternyata emang hasilnya enak ... suamiku ajah yang gak doyan duren jadi mau makan nie cake, kalo nadine teuteup tidak mau, dia mah always say no to durian ... hehehehe

Critanya, dirumah itu cuma aku ajah yg hobbi berat ama duren. Si Nadine kalo aku dah beli duren ... gak mau dia deket dapur ... gak tau kenapa kalo kebau duren dia tuh mungkuk kayak mau muntah gituh, eneg kaliy yaa ama baunya ... hehehehe. Nahhh, di hypermart duren-nya lagi bagus2 ... sekali nyoba beli ternyata manis & enak banget, bijinya gepeng, tipis gituh, dagingnya tebel :). Jadi keinget pas masa-masa setahun lalu waktu masih numpang idup di johor bahru. Di daerah apartemen tempat kita tinggal itu setiap hari jumat malem ada yg namanya pasar kaget.

kebanyakan yg dijual makanan gituh ... makanan lokal terutama. Ada rojak melayu ... mirip ama rujak, pake shrimp paste juga, pake kacang ... diuleg juga ... tapi isiannya ada cakwe goreng-nya. Lucu ajah rasanya ... hehehehe. ada juga rujak india ... isinya macem2 .. serba digoreng trus disiram kuah kacang kayak kuah kacang-nya mie siram orang melayu :). Nahhh, pas waktu musim duren ... sebiji duren sebesar2 kepala itu cuma RM2-kalo gak minta di kupasin, kalo minta dikupasin jadi RM3. Lha wong waktu itu aku pernah kalap mbeli satu keranjang seharga RM5 sajah, dapet 5 duren segedhe2 bagong gituh & rasanya manis banget. Gak tau kok bisa murah gituh, katanya sih durian kampung, mbuh kampung mana :).

Eniwei ... duren yg dibeli jumat kemaren itu rasanya hampir mirip ama duren jb waktu itu. Semalem dah kematengan takut bonyok .... jadi aku olah ajah jadi cake durian. resepnya pake resep mbak lia ... cara ngadonnya aku modif dikit dan gak aku kukus soale gak punya kukusan besar, jadi aku panggang pake cara au bain marie ajah. Hasilnyaaa??? Enakkkk ..... cocok buat pecinta duren seperti dirikuh ini :).

Cake Durian
Source mbak lia - modified a little by me :)

Bahan:
125 gr daging durian
1 sdt vanilla essence (aku skip vanilla-nya)
150 gr tepung terigu
175 gr gula pasir (kalo ada jenis castor) - (aku pake cuma 150gr, duriannya dah manis banget, takut kemanisan)
5 butir telur
1.5 sdt cake emulsifier
75 ml fresh milk (aku pake susu uht)
75 gr margarin + 60 gr butter
loyang 20x20x5 cm, oles margarin, lapisi kertas roti

Cara:
1. Panaskan susu, margarin dan butter dengan api kecil hingga leleh dan hampir mendidih, matikan api.
2. Masukin durian, aduk sampai tercampur rata. Sisihkan
3. Kocok telur, emulsifier, vanilla dan gula hingga pucat dan kental. Masukkan terigu, aduk balik sampai tercampur rata.
4. Masukkan adonan durian-susu-butter sedikit demi sedikit ke adonan telur, aduk balik dengan spatula hingga rata.
6. Tuang ke dalam loyang, panggang dengan cara au bain marie selama kurleb 45 menitan.
7. Angkat dan dinginkan, baru keluarkan dari loyang, potong2 & sajikan.

Cara aseli-nya a la Mbak Lia bisa diliat disini.

Salam durian :).

You Might Also Like

2 comments

Popular Posts

Self Reminder

Self Reminder

Instagram