Donat Empuk

8:36 AM

Image Hosting by PictureTrail.comIni topik yang lagi hangat di milis ncc, sharing tentang resep donat a la j-co. Hmmm, penasaran dung daku dan akhirnya semalem nyoba bikin. Nelpon ke beberapa tbk (audya seow & bbc) gak ada yang jual tepung komachi as mentioned on the recipe, akhire ya pake trigu cakra kembar ajah. Aku coba bikin 1/2 resep ... dan hasilnya ... hmmm ... tidak mengecewakan, empuk banget ... walo masih blom secantik donut j-co penampakannya ... hehehehe.

Eniwei ... resep yang berseliweran di milis ncc sbb, tapi aku salin lgs untuk setengah resep ajah yaa ...

DONAT EMPUK

Bahan A:
425 gr tepung terigu Bogasari Cakra Kembar (kalo ada tepung terigu Jepang-Komachi)
15 gr ragi segar (aku pake 1 bungkus ragis instant yang 11 gr itu)
5 gr garam (aku pake 1/2 sdt)
300 ml air matang

Bahan B:
100 gr tepung terigu Bogasari Cakra Kembar (kalo ada tepung terigu Jepang-Komachi)
5 gr garam (aku pake 1/2 sdt)
30 gr susu bubuk full cream
Image Hosting by PictureTrail.com62.5 gr gula pasir
50 gr telur ayam (aku pake 1 butir telur ukuran sedang)
62.5 gr mentega putih/shortening, siap pakai

Cara Membuat:
1. Aduk bahan A hingga rata lalu istirahatkan selama 90 menit dalam wadah tertutup, jadikan sebagai bahan biang, sisihkan. (aku masukin semua bahan A di kom mixer, pake dough knife, trus aku mixer sampe rata)
2. Campur adonan A dengan bahan B lalu uleni hingga kalis selama 10 menit. Istirahatkan dalam wadah tertutup selama 15 menit. (aku campur adonan A ma bahan b, trus aku mixer, pake dough knife selama 15 menitan sampe kalis)
3. Gilas tipis adonan setebal kurang lebih 1 cm, diamkan 10 menit lalu cetak dengan cetakan bentuk donat, diamkan kembali selama 10 menit.
4. Goreng donat dalam minyak padat dengan api kecil saja hingga berwarna kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan. (aku goreng pake minyak biasa plus shortening, seperti tips yang di saranin mbak Fatmah Bahalwan di indocookingclub)
5. Setelah dingin, beri topping sesuai selera.

Cobain deh ... lumayaan, buat nambah variasi cemilan untuk anak tercintahhh :)

You Might Also Like

1 comments

Popular Posts

Self Reminder

Self Reminder

Instagram